Kamis, 07 Juli 2011

Alat penangkal petir

                                         CARA MEMBUAT ALAT PENANGKAL PETIR   

Petir umumnya terjadi pada saat akan turun hujan atau juga pada saat turun hujan,kenapa terjadi petir? Karena adanya muatan listrik antara positif dan negatif bertemu,sehingga terjadilah ledakan keras yang disebut petir /guntur/geledek.
Dimana akan terjadi petir,petir akan muncul bila mendung  berwarna gelap dan didominasi loncatan bunga api listrik.( kilat).
Bila petir  menyambar hujanpun, petir biasanya akan menyambar benda-benda yang menjulang tinggi atau  bangunan yang berdiri sendiri tanpa ada pohon atau penangkal lainya.seperti penangkal petir ini.
Pada kondisi seperti ini ,bangunan yang letaknya paling toinggi disarankan untuk memasang alat penangkal petir.
CARA KERJA ALAT PENANGKAL PETIR
1.Pada prinsifnya alat ini akan menerima aliran listrik bila terjadi sambaran petir tepat pada alat ini ,maka listrik akan dialirkan ketanah (ground).jadi muatan listrik sebesar apapun bila dihubungkan degan tanah akan berubah menjadi ( - ) netral.
2.Alat ini dipasang pada ujung atap rumah /bangunan dengan tujuan mencari posisi yang paling tinggi,karena petir menyambar  benda yang paling tinggi.
3.Alat ini hanya berupa alumunium/tembaga yang dipasang pada atap bangunan /rumah/gedung dengan dihubungkan kabel yang ditanam kedalam tanah dengan kedalaman minimal 1meter
4.Alat yang ditanam ketanah umumnya terbuat dari tembaga yang diyakini penghatar listrik yang paling baik.
ALAT-ALAT YANG DIPERLUKAN


1.Kabel ukuran 5 mm s/d 10 serabut.secukupnya.
2.Kawat tembaga ukuran 5mm s/d 10 dengan panjang -+ 1 meter.
3.Kawat tembaga /alumunium 10mm / lebih sebagai penangkal petir.
4.Paku clamp dengan ukuaran sesuai dengan diameter kabel.
Tulisan ini hanya sekedar gambaran tentang prinsif dan cara kerja penangkal petir.setidaknya membantu/ memberi informasi kepada yang belum mengenal alat penangkal petir.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Amin.

1 komentar:

Terimakasih telah berkunjung ke blog ini, Silahkan tuliskan komentar Anda

Ada kesalahan di dalam gadget ini