Selasa, 22 Maret 2011

Cara Ternak Jangkrik

BUDIDAYA  JANGKRIK 
Cara Ternak Jangkrik .

Berawal dari kecintaan saya akan ikan hias ARWANA yang mana makanan kesukaanya adalah jangkrik.tak luput hampir setiap hari saya beli jangkrik yang jarang saya temukan disembarang tempat dan juga jarang ada stok jangkrik.jika hal ini berulang-ulang maka ikan ARWANA saya akan mati karena pasokan jangkriknya kurang.maka terpikir dibenak saya untuk menernaknya sendiri.hasilnya sudah saya rasakan sendiri.

Sebelum memulai berternak jangkrik, saya sarankan untuk membuat perencanaan yang matang ,bila tidak akan berakibat merugi.
Pertama :  Peluang Usaha yang ada ( seperti dekat dengan pasar burung ) dan pedagang ikan hias, bahkan bila punya piaraan sendiri seperti ikan hias dll, tentu tak perlu repot-repot.
Namun jangan kawatir bahwa permintaan pasar tentang jangkrik cukup tinggi, perbulan sekitar 50ton jangkrik hidup.Disini Peluang Bisnis dan kesempatan berharga,karena harga jangkrik hidup  Rp 30.000/kg. dan harga jangkrik kering 96.000/kg.
Usaha yang dilakukan dengan sungguh-sungguh tentu akan menghasilkan yang terbaik tentunya,melihat peluang yang terbuka luas,karena peternak jangkrik diindonesia masih sangat jarang,yang terbanyak hanya ada dipulau jawa,sementara diluar jawa masih mengandlkan jangkrik alam yang bisa ditangkap alam bebas.jadi berternak jangkrik cukup menggiurkan

Cara membudidayakan jangkrik sangat mudah:
Siapkan kandang yang terbuat dari :
·        Kotak-kotak baik kayu, triplek, kardus TV, .kardus Kulkas yang dibuat seperti habitat jangkrik dialam bebas.      
1. Cara ternak jangkrik dikardus :
·        Siapkan kardus yang sudah diberi  lak ban ( lem isolasi ) lalu tempatkan kardus diatas rak rak kayu yang berkaki 4.susun kardus hingga bersusun-susun,ingat kardus diberi lubang-lubang udara.
2. Cara ternak jangkrik dikandang triplek :
·        Siapkan kandang jangkrik yang terbuat dari triplek,untuk kandang ini yang berkaki hanya kandang paling bawah saja,sementara kandang berikutnya disusun di atasnya dan berpungsi juga sebagai tutup kandang,susun kandang hingga sesuai tinggi orang dewasa.
·        Kemudian dinding kandang dilumuri lumpur sawah agar menyerupai alam,dan tak kalah pentingnya letakan daun-daun kering ,seperti daun pisang,daun kacaang-kacangan setengah dari tinggi kandang.yang pungsinya untuk persembunyian ,siap sudahlah kandang yang diinginkan.

Cara pembuatan kandang jangkrik permanent :
Bila sudah mantap budidaya jangkriknya ,dan ingin mengembang usaha ini dengan sekala besar maka,saya beri contoh cara pembuatan kandang jangkrik yang ekonomis.

Bahan :
  • Siapkan triplek dengan ukuran yang ada , misalnya 120 x 180 Cara pemotongannya sbb:

    Browser Anda mungkin tidak bisa menampilkan gambar ini.

    • Jadinya akan seperti ini sebuah kotak kandang jangkrik :

    Kandang Jangkrik


    Cara penempatan kandang  jangkrik yang baik :
    • Untuk membuat suasana jangkrik hidup seperti dialam bebas, hindarkan dari keramaian atau kebisingan dari suara kendaraan,tempatkan Kandang Jangkrik pada lokasi yang agak sepi tapi mudah dikontrol,hindari dari terik matahari langsung,dan bebas dari air hujan.
    • Jauhkan dari jangkauan anak kecil,terutama saat indukan jangkrik sedang dijodohkan,usahakan bebas dari serangan semut,cicak,kecoak,dan tikus dll.

    Cara pembibitan jangkrik :
    Ada 2 cara yang bisa dilakukan:
    1. Bisa ambil telur jangkrik dari peternak jangkrik setempat.
    2. Bisa ambil jangkrik dari alam yang ditangkap langsung, asalkan sepasang.
      • Letakan bibit/telur jangkrik kedalam kandang yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
      • Jika bibit jangkrik dari telur cukup semprotkan air secara merata pada telur  yang ditutup kain,lakukan pagi dan sore hari.jangan terlalu basah.
      • Jika bibit dari jangkrik yang dikawinkan ,letakan jangkrik pada kandang dengan perbandingan 4:1 ( 4betina &1 jantan )bila ada.dan lakukan penyempotan pada daun-daun kering yang merata pagi &sore hari.siapkan pasir yang diayak lembut dan letakan pada piring atau nampan plastic,dan diletakan bersama-sama induk jangkrik,untuk tempat bertelurnya jangkrik-jangkrik tsb.amati pasir tiap hari,bila terdapat lubang-lubang pada pasir pertanda jangkrik sudah mulai bertelur,biarkan sampai lubang-lubamgnya rapat.atau bila penasaran buatkan ayakan pasir  satu lagi.lalu angkatlah pasir pertama .ini mau di apakan? Apakah ada yang mau beli telur? Jika ada yang beli ayaklah pasir dengan ayakan yang lebih kasar,dan itulah hasil telurnya.pasir ayakan jangan dibuang karena masih ada sisa telur jangkrik yang terbawa,gunakan untuk  wadah lagi.
      • Jika ingin ditetaskan sendiri cukup semprotkan air tiap hari pada piring tadi,yang ditutup dengan kain.dan setelah memasuki hari 7.8.10 letkan piring pasir pada kandang seperti diatas. Mudah bukan/?
      • Setelah masuk hari ke7,8,9,10 siapkan makanan yang berupa poor (pakan ayam) secukupnya,dikawatirkan ada telur yang sudah menetas.ini berlaku untuk penetas dengan telur.

    Cara memberi  pakan pada jangkrik :
    • Pakan jangkrik tidaklah sulit dan mudah didapat dan murah tentunya.
    • Untuk usia 1-10 hari diberi poor.
    • Untuk usia 10-25 hari ( masa panen ) bisa diberi sayur-sayuran dll.
    • Setelah terlihat ada yang menetas hitunglah pada hari 15-20 hari jangkrik sudah bisa diberi makanan berupa daun daun atau sayuran ,sebagai tambahan berilah poor.
    • Penyemprotan air pagi & sore,guna untuk minum jangkrik dsb.
    Cara memanen jangkrik :
    • Ada banyak cara ,ada yang dihitung satu persatu & ada yang ditimbang.
    • Usia panen juga tergantung permintaan,ada yang minta belum tumbuh bulu ada juga yang dewasa.
    • Untuk yang dewasa hanya butuh waktu  30 - 45  hari saja.
    • Perlu diketahui usia jangkrik betina berkisar  3 bulan (setelah bertlelur lalu mati ) sedangkan jangkrik jantan usia berkisar kurang dari 3 bulan (setelah kawin akan mati )

    Analysis usaha ternak jangkrik :


    Klik Gambar



    Untuk selanjutnya jika indukan ada tinggal di jumlahkan kira-kira seperti ini gambaran /analysisnya.

    Walaupun kecil namun melihat Peluang Bisnis yang ada cukup menjanjikan dan waktu yang dibutuhkan sangat singkat , hanya sekitar 2-3 bulan sudah dapat dipetik hasilnya, tentu tak ada salahnya kita mencoba usaha peternakan jangkrik ini.

    Demikian artikel Cara ternak jangkrik yang saya buat, saya bisa membantu anda silahkan Kontak Saya semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.Amin.

    6 komentar:

    1. Wah saya tertarik untuk ternak jangkrik harga jangkrik dewasa perkilonya berapa pak?

      BalasHapus
    2. Saya tertarik untuk ternak Jangrik pak !Tapi apakah hasilnya ada yang menampung ? atau saya pasarkan sendiri.terimakasih atas imformasinya

      BalasHapus
      Balasan
      1. banyak keluhan peternak jangkring yg menemui kasus seperti anda.

        Hapus
    3. bagaimana cara mengawinkan induk jantan dan betina?

      BalasHapus
      Balasan
      1. jangkrik sipatnya poligami dan tidak terikat pada pasangan .dia akan kawin dengan sendirinya.

        Hapus
      2. jangkrik akan cari pasangan sendiri sendiri

        Hapus

    Terimakasih telah berkunjung ke blog ini, Silahkan tuliskan komentar Anda

    Ada kesalahan di dalam gadget ini