Sabtu, 16 Juli 2011

Manfaat jahe (ginger)


Manfaat  jahe

Dalam artikel kali ini saya mencoba mengulas tentang tanaman obat yang banyak dijumpai dinegeri tropis seperti Indonesia,dan hampir semua propinsi ada tanaman yang satu ini namanya Jahe.Jahe (ginger).Jahe banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia bahkan hewanpun cocok mengkunsumsi jahe.
Manfaat Jahe adalah:
Mengobati radang sendi
Meringanlkan mual,mules dan diare.
Menurunkan kolesterol.
Mencegah pembekuan darah.
Mencegah masuk angin.
Menghangatkan tubuh
Dan masih banyak lagi manfaat lainya.
Cara penyajian jahe bermacam-macam ,ada yang diparut ada juga yang digarang dan ada juga yang siap saji,seperti wedang jahe.kopi jahe.dll.Untuk mencegah masuk angin misalnya : ambil satu ruas jahe .kupas kulit luar cuci bersih lalu digarang (dibakar untuk menghilangkan rasa getir)kemudian jahe dimemarkan dan seduh air panas tambahkan gula secupnya tambah asam jawa,jadilah ramuan gula asam jawa. Ini sangat manjur sekali bila dikunsumsi setiap malam.
Untuk yang merasa badan kedinginan atau mual-mual lakuakan seperti di atas dan bisa dikunsumsi setiap hari tanpa efek samping.Untuk yang tidak mau repot ada bubuk jahe yang dijual ditoko-toko tinggal seduh beres.
Untuk hewan kesayangan anda seperti kuda,anjing,kucing dll,bila terkena masuk angin oleskan seluruh tubuh hewan anda dengan jahe yang telah dimemarkan,dan untuk pencegahan lakuakan setiap memandiakn hewan peliharaan anda dengan biji jahe.
Untuk menanam jahe cukup mudah ,ambil biji jahe letakan dipot yang telah disediakan tunggu tumbuh dan berbuah,disamping itu untuk menghiasi halaman rumah juga bagus.sambil menunggu keluar biji jahenya.
Selamat mencoba semoga bermanfaat bagi kita semua.
Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog ini, Silahkan tuliskan komentar Anda