Minggu, 30 Desember 2012

Cara berternak lobster air tawar untuk pemula

Cara berternak lobster air tawar untuk pemula
Cara membudidayakan Lobster Air Tawar :
Masih rame diperbincangkan  atau sedang booming lobster air tawar baru baru ini, kenapa demikian? Karena hewan air yang satu ini memang langka dipasaran, betapa tidak coba anda makan ditenda tenda,warung warung,kaki lima yang biasa menyajikan hidangan sea food ,bahkan Rumah Makan besarpun belum tentu tersedia ,umumnya,sangat jarang tersedia hidangan/menu lobster.dan satu lagi lobster ini dagingnya kenyal dan lezat,walau hanya ditemani saus sambal..kandungan kolesterolnya yang rendah dan cocok untuk dikonsumsi semua orang yang menyukai sea food.tapi sulit menjumpainya.artinya hewan air ini memang langka.apakah kita berhenti sampai disini? tentu tidak jawabnya.

Untuk membudidayakan lobster air tawar sangat mudah,dilihat dari badannya yang kokoh dan tahan terhadap penyakit,dan tahan segala cuaca.namun perlu diperhatikan apabila membudidayakanya untuk dikomersilkan ,tentu butuh perhitungan yang cukup matang.namun bila hanya untuk sekedar  mengisi kekosongan waktu .hobi atau hiasan aquarium sebaiknya segera mulailah dari sekarang.Karena Peluang Usaha cukup luas dan Peluang Bisnis yang menjanjikan mka mari kita mulai.

Untuk membudidayakan atau membesarkan lobster air tawar tidaklah sulit,cukup dibutuhkan kesabaran dan persiapan yang matang :
1. Siapkan tempat atau lahan baik kolam tanah,kolam semen,kolam aquarium dan bahkan terpal.
2. Yang utama adalah isilah air 1 minggu sebelum benih ditebar.dengan tujuan agar air bebas dari bau kaporite ( yang memakai air PAM ) atau bau air dari dalam tanah. hewan yang satu ini adalah ,hewan yang kanibalisme,yaitu pemakan teman sendiri apabila pasokan makan dirasa tidak mencukupi/terlambat memberi makan.untuk mencegah terjadinya kanibalisme. Penulis menganjurkan agar didalam  kolam,baik kolam aquarium atau kolam permanen agar diberi paralon dengan ukuran yang beraneka ragam disesuaikan dengan ukuran lobrter,mulai dari ½ “.3/4”.1” dst s/d 3” atau degan batu bata yang berlubang (,biasanya untuk tembok vetilasi udara) pungsi dari pada paralon atau batu bata tsb.untuk persembunyian bila lobster yang lebih perkasa menyerang.dan umumnya lobster yang sedang berganti kulit itulah sasaran utama,karena  kondisi tubuh yang sangat lemah dan lembek.proses pergantian kulit pada lobster tsb adalah menunjukan bahwa lobster itu bertambah besar.sama halnya dengan ular ,ular pertumbuhannya ditandai denagan pergantian kulit secara pereodik.beda dengan hewan-hewan lainnya yang Nampak apabila berat badannya ditimbang.

Cara perawatan lobster air tawar :
Secara teknis perawatannya tidak terlalu rumit , hanya perlu kesabaran ,mulai dari pemberian makan 2 kali sehari dan sebaiknya diberi makan pagi dan sore menjelang malam, membersihkan filter/saringan kotoran yang berupa sisa makanan atau kotoran lobster itu sendiri ,yang mengendap disaringan.menjaga agar aerator ( gelembung gelembung udara )selalu bekerja dan juga lebih diperhatikan saat penggantian air diusahakan tidak menguras seluruh isi kolam,namun disisakan ¼ isi dari isi seluruhnya,dengan maksud ,agar tidak merubah suasana yang sangat dratis.dan biasanya bila hal ini terjadi lobster - lobster tsb akan segera berganti kulit.sama halnya perawatan ikan - ikan hias lainnya.

Cara pemberian pakan lobster air tawar:
Pemberian pakan dilkukan 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari (menjelang malam )
Untuk jenis pakan lobster air tawar tidak tergantung pada pakan buatan pabrik ( pellet ) yang mana harga sangat mencekik leher para peternak,namun kami member kiat agar diselingi dengan nutrisi.
1. Pellet
2. Nutrisi  antara lain :
  • Ketela pohon ( singkong ) diparut
  • Jagung basah diparut dan masih banyak sayur-sayuran yang tak disebutkan disini.
3. Bila dikolam tanah yang luas bahkan memakan planton dan tumbuh-tumbuhan yang ada di kolam sangatlah mudah bukan. 

Cara mebedakan lobster jantan dan betina :
Sepintas dilihat pisik dari lobster jantan dan betina tidaklah jauh beda,besar kecilnya semua sama,namun disini penulis  membedakannya dengan warna dari capit.bila sijantan bercapit merah menyala (merahnya lebih luas) bila sibetina capit berwarna hitam dan merahnya hanya sedikit saja.

Cara mengembang biakkan lobster air tawar :
Ada banyak cara mengembangbiakan lobster air tawar ,ada yang dilakukan dengan cara alami,ada juga yang dilakukan dengan cara Riset yaitu dengan perkawinan silang yang mana nantinya akan menghasilkan bibit lobster unggulan, bahkan akan mendapatkan lobster - lobster yang cepat tumbuh besar dan cepat berkembang biak.
1.Siapkan peralatannya antara lain :
  • Aquarium
  • Aerator ( gelembung udara )
  • Pompa filter
2. Pilihlah bibit yang sehat, lincah, lengkap dengan kaki kaki dan capitannya

Cara penetasan lobster air tawar :
Untuk kolam aquarium.
Yang pertama diperhatikan adalah induk betina, bila ekor menekuk terus pertanda sedang bertelur
Pengeraman ini akan makan waktu kira-kira 5 minggu.disarankan saat melihat kondisi tersebut ,tulis tanggal berapa? Artinya saat melihat itu anda bisa memperkirakan usia telur tsb.
Saat proses pengeraman atau istilah lain gendong telur ,sepasang lobster akan selalu berdampingan terus ( penulis sudah paham sedang apa itu ? ) disarankan saat proses pengeraman ( gendong telur ) jangan memegang lobster induk betina, dikawatirkan dia akan kaget sehingga telur akan terlempar dan lepas ,namun bila terjadi sesuatu  missalnya  kolam bocor atau lainnya anda bisa memindahkan induknya saat bersembunyi didalam paralon. Caranya tutup dengan kedua tangan anda kedua ujung paralon tsb dan angkat perlahan – lahan namun perlu hati – hati jangan sampai kaget.disinilah asiknya Bisnis Lobster Air Tawar.

Ada perubahan warna telur : Minggu pertama berwarna merah pucat dan minggu berikut merah dan biasanya ekor akan mulai terbuka, dan telur akan diayun-ayun oleh induknya,disini telur akan bisa dilihat warnanya.saat usia pengereman mencapai 3-4 minggu segera pisahkan induk jantannya ( pisahkan ).amati terus masa-masa 4 _5 minggu dikawatirkan sudah ada anakan lobster yang sudah terlepas dari induknya, disini peran pompa sangat penting artinya filter perlu diperhatikan jangan sampai anakan lobster lolos melalui filter tsb ( anakan jangan tersedot pompa ).

Bila sudah terlihat anakan lobster yang terlepas dari induknya : artinya penetasan sudah dikatakan berhasil ,namun biar lebih sempurna tunggu 3 hari lagi,setelah itu angkat indukan dan kocok-kocok  didalam aquarium agar anakan terlepas semua dari perut induknya,kemudian .dan pisahkan induknya dari anakan tsb.atau campurkan lagi dengan induk jantan ,begitu seterusnya akan bertelur lagi dan bertelur lagi.mudah bukan.

Cara pembesaran lobster air tawar :
Di alam terbuka seperti kolam tanah atau kolam semen dan terpal, Yang perlu diperhatikan disini, untuk pembesaran lobster air tawar adalah : Diawali dari persiapan kolam atau tempat tentunya,yang sudah terisi air 1 minggu sebelum bibit ditebar.cara pembesaran lobster sekala besar / banyak.disarankan pilihlah bibit yang ukuran 1” s/d 2”.dengan target saat panen nantinya mampu menghasilkan lobster ukuran 10 – 12 ekor  /kg.
Yang tak kalah pentingnya biasanya ditambak tambak udang selalu dipasang kincir kincir angin yang bertujuan untuk membuat oksgin/ gelembung udara,disini disarankan untuk memasang aerator sebagai ganti kincir tsb.agar gelembung udara selalu ada.

Cara pembesaran lobster air tawar :
Didalam aquarium :
Yang paling utama tentunya  aquarium harus ada,ukuran tidak diharuskan,namun penulis menggambarkan ukuran aquarium disini adalah 100x50x30 (panjang x lebar x tinggi ) ukuran ini sudah mampu diisi 1:2 pasang lobster ( 1 jantan dan 2 betina ).tidak boleh ketinggalan pompa filter dan aerator diharuskan ada , karena suhu dalam aquarium cukup pengap,juga tidak kalah pentingnya pengisian air  cukup 15 cm dari dasar aquarium dan usahakan ada bebatuan atau bata merah berlubang yang tidak terendam,karena adakalanya lobster akan mengirup udara  ( dede @jawa ) atau mengeringkan badan perlu diketahui bahwa lobster itu mampu bertahan hidup tanpa air selama 8 jam bahkan lebih.jadi memang benar benar kokoh silobster itu. 

Analysis usaha lobster air tawar untuk dijual bibitan :
Dilihat dari Peluang Usaha yang cukup. sebagai contoh saja bila dihitung mulai dari sepasang lobster analysis nya :
Harga sepasang indukan yang sudah dewasa Rp.250.000/pasang, ini sudah termasuk indukan yang lumayan bagus. Indukan dipelihara kurang lebih 2 bulan,dan indukan akan mulai bertelur,dengan makan waktu 5 minggu ( 1 bulan + 7 hari ) dengan total waktu kurang dari 100 hari sudah terlihat hasilnya.untuk lebih detialnya yok kita hitung bersama – sama agar tidak meleset hitungan kita !

Jika anda kurang puas coba kunjungi rekan saya disini LOBSTER AIR TAWAR

Contoh hitungan mikro :















Jika dihitung keseluruhan sbb :
















Demikian contoh hitungan kecilnya Bisnis Lobster Air Tawar,jika dilipat gandakan tinggal dikalikan saja,dan tentunya jika dihitung-hitung dan dibandingkan dengan ternak lainya seperti unggas dll,usaha lobster air tawar ini  sangat menjanjikan bila ditekuni. Dengan artikel Cara berternak lobster air tawar untuk pemula  dan cara membudidayakan lobster air tawar ini semoga bisa bermanfaat dan jika ada kesultan atau anda ingin melirik bisnis ini silahkan Kontak Saya     

35 komentar:

  1. Main2 ke sini Pak, Medan Lobster Air Tawar

    http://medanlobster.blogspot.com/

    http://medanlobster.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. saya menyukai saran2 dari bapak dan kebetulan di sini saya juga mulai mau menekuni usaha ini dan saya berencana ternak di kolamm semen terima kasih ata semua saran bapk semoga bapak bisa memberikan saran2 lagi yg lebih banyak.

    BalasHapus
  3. thank's banget info dari bpk, uda buat saya tambah wawasan, sebelumnya saya juga sudah mencoba usaha ini tapi gagal, setelah saya mampir kemari saya akan mencoba kembali.

    thank's and salam kenal, semaoga sukses selalu

    BalasHapus
  4. Terimakasih atas infonya. Sy sedang mencoba di kolam semen sdh sekitar 1bulan.

    BalasHapus
  5. Saran yg menakjubkan pak.... sya akan coba mudah mudahan berhasil.. amin..

    BalasHapus
  6. terimakasih pak saya ingin mencoba

    BalasHapus
  7. paling ideal untuk ukuran kolam kira berapa ya?
    dan maks berapa udang yg bisa diisi?
    makasi.

    BalasHapus
  8. sebagai pemula saya ingin mencoba dulu dengan media akuarium, thank infonya pak..

    BalasHapus
  9. sob. lobster gw berlumut harus diapain, ya? ditunggu jawaban ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo berlumut sih kayanya nggak apa" soalnya pas ganti kulit juga nanti hilang lagi.. itu menurut pengamatan saya..

      Hapus
  10. Wah ini artikel yang sangat menarik.Sudah lama pengin memelihara / berternak lobster ini ,memang cukup menjanjikan .Apalagi beternak lobster tidak perlu memerlukan lahan yang begitu luas,dalam arti ini bisa menjadikan usaha rumahan.Trims banget artikelnya.

    BalasHapus
  11. saya sedang melakukan iseng" ja dengan 5 jantan sebesar botol air mineral 600ml dan 7 betina, sya pelihara sudah 2 bulan lebih dan sekarang udah 3 betina yang baru bertelur. dengan membaca artikel ini smoga ke isengan itu bisa menghasilkan yang lebih dari iseng.. salam capit dan terima kasih buat ilmunya.

    BalasHapus
  12. terimakasih pak atas ilmu nya

    BalasHapus
  13. thanks..infonya sangat bermanfaat buat pemula seperti saya. skrg udang saya udh mulai banyak anaknya..

    BalasHapus
  14. apakah ada nenernya di daerah jawA..terutama dareah jawa timur.thanks

    BalasHapus
  15. berapa tingkat keasaman air yang baik pak??/karena air didaerah saya anta (mengandung kapur dan agak asin)

    BalasHapus
  16. pemasarannya dmana pak?

    BalasHapus
  17. setelah sya baca ternyata menari sekali dan akhir na sya putus kn untuk mencoba iseng" ternyata memang mengasikan untuk mengisi waktu liang
    namun ada 1 kendala yg sya rasakan skrang,stelah anakan bebas dri pelukan sang induk mengapa bnyak sekali yg mati ya
    tolong tips na gmn yA PAK?

    BalasHapus
  18. kalau medianya kardus besar yang biasa untuk packing gmn gan?

    BalasHapus
  19. salam knal...
    mau nnya, bsa gg kmbangbiakkan lobster d cntainer plastik ??
    trs bleh gg klo lobster dbri pakan ccing kering sprti djual dtko2?
    mhn pncrahannya

    BalasHapus
  20. salam sejahtera dan sukses Bapak Teguh wiyono,

    awalnya di daerah saya banyak yg latah beternak lele sangkuriang krn tergiur dg hasil yg besar dan perawatan yg mudah dan saya salah satu org yg latah tadi, tp pada kenyataannya setelah banyak org beramai2 membudidayakan ikan tsbt ternyata tdk seperti yg diberitakan, singkatnya banyak yg memutuskan hubungan sepihak dengan si"lele sangkuriang krn selain pakan yg terus melambung juga perawatan yg cukup ribet jika dilakukan di kolam terpal atau sejenisnya, namun saya tidak ikut latah dan putus asa tetapi saya trs belajar dan mencari informasi dimana pun yg bisa saya dapatkan untuk membudidayakan lele sangkuriang hingga skrg saya sdh berhasil menghasilkan bibit lele sangkuriang sendiri(memijahkannya sendiri), tp krn hrg dipasaran labil dan sering di kacaukan oleh tengkulak maka budidaya lele sangkuriang menjadi jalan ditempat.......oleh krn itu saya ingin mecoba(tidak mencoba tp serius) budidaya lobster air tawar, hanya saja saya masih kekurangan banyak informasi tentang budidaya lobster air tawar, krn itu saya moohon bapak mau membantu saya memeberitahukan dimana saya bisa mendapatkan bibit lobster air tawar, dan yg tidak kalah penting kemana saya harus mengadu jika ingin menjadi pembudidaya lobster air tawar secara intensif dg memanfaatkan lahan terbatas, bahkan saya bersedia mebayar sebagai tukaran ilmu penegetahuan tentang budidaya lobster air tawar, dan saya sangat serius ingin menekuni budidaya lobster air tawar....dan saya juga berharap bisa langsng menghubungi bapak via tlp atau sejenisnya, terimakasih atas info singkat yg bpk berikan di Blog bpk, salam sukses berkelimpahan untuk anda dan team anda.

    BalasHapus
  21. salam kenal pak..., saya baru saja ingin memulai budidaya lobster air tawar..., sya ingin bertanya sedikit pak.., akuarium saya sedikit miring, kemiringan disebabkan oleh rak besi yg tidak lurus.., jadi air didalam akuarium tidak lurus atau miring..., kira" pengaruh tidak dengan lobster dan akuariumnya?? sblumnya trimakasih...salam sukses....

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga baru ingin memulai budidaya lobster ikan air tawar pak, mohon tips tips dan penjelasan tentang kendala yang biasa dihadapi oleh peternak lobster air tawar ini, mkash sblmnya

      Hapus
  22. Pak teguh, saya mau tanya.
    saya mempunyai empang dengan dasar tanah/lumpur, besarnya -+ 12x7M mohon, dengan irigasi air yang lumayan mengalir dari selokan.
    Mohon pendapatnya pak, apakah sebaiknya empang saya di sekat saja, atau bagaimana?
    Mohon pencerahannya.
    Terimakasih :)

    BalasHapus
  23. Trims infonya pak, sy juga tertarik ni pak untuk ikut mencoba budidaya lobster air tawar, untuk bibitnya bisa didapatkan dimana ya pak?
    Dan tidak kalah penting nih pak.. kalo udah jalan, pemasarannya gimana pak? apa sudah ada pengepulnya, masalahnya kalo untuk konsumsi ini lobster untuk kalangan menengah keatas pak, soale kalo harga perekornya kira2 3000 an so 1kg 36 ribuan, maka dari itu yg pentingkan pemasarannya pak? mohon bantuannya
    terimakasih..

    BalasHapus
  24. pak, ini sekarang saya punya aquarium ukuran 40x30x35
    nah saya mau nyoba isengg melihara yg kecil. nah di ukuran aquarium sekecil itu apa bisa berkembang?
    terima kasih sebelum nya

    BalasHapus
  25. Untuk sekarang ini harga per kilo lobster air tawar berapa ya... ? luar biasa artikelnya

    BalasHapus
  26. dapat bibitnya dari mana

    BalasHapus
  27. klo to sekitar badung ad g

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke blog ini, Silahkan tuliskan komentar Anda

Ada kesalahan di dalam gadget ini