Minggu, 30 Desember 2012

Cara berternak lobster air tawar untuk pemula

Cara berternak lobster air tawar untuk pemula
Cara membudidayakan Lobster Air Tawar :
Masih rame diperbincangkan  atau sedang booming lobster air tawar baru baru ini, kenapa demikian? Karena hewan air yang satu ini memang langka dipasaran, betapa tidak coba anda makan ditenda tenda,warung warung,kaki lima yang biasa menyajikan hidangan sea food ,bahkan Rumah Makan besarpun belum tentu tersedia ,umumnya,sangat jarang tersedia hidangan/menu lobster.dan satu lagi lobster ini dagingnya kenyal dan lezat,walau hanya ditemani saus sambal..kandungan kolesterolnya yang rendah dan cocok untuk dikonsumsi semua orang yang menyukai sea food.tapi sulit menjumpainya.artinya hewan air ini memang langka.apakah kita berhenti sampai disini? tentu tidak jawabnya.

Untuk membudidayakan lobster air tawar sangat mudah,dilihat dari badannya yang kokoh dan tahan terhadap penyakit,dan tahan segala cuaca.namun perlu diperhatikan apabila membudidayakanya untuk dikomersilkan ,tentu butuh perhitungan yang cukup matang.namun bila hanya untuk sekedar  mengisi kekosongan waktu .hobi atau hiasan aquarium sebaiknya segera mulailah dari sekarang.Karena Peluang Usaha cukup luas dan Peluang Bisnis yang menjanjikan mka mari kita mulai.

Untuk membudidayakan atau membesarkan lobster air tawar tidaklah sulit,cukup dibutuhkan kesabaran dan persiapan yang matang :
1. Siapkan tempat atau lahan baik kolam tanah,kolam semen,kolam aquarium dan bahkan terpal.
2. Yang utama adalah isilah air 1 minggu sebelum benih ditebar.dengan tujuan agar air bebas dari bau kaporite ( yang memakai air PAM ) atau bau air dari dalam tanah. hewan yang satu ini adalah ,hewan yang kanibalisme,yaitu pemakan teman sendiri apabila pasokan makan dirasa tidak mencukupi/terlambat memberi makan.untuk mencegah terjadinya kanibalisme. Penulis menganjurkan agar didalam  kolam,baik kolam aquarium atau kolam permanen agar diberi paralon dengan ukuran yang beraneka ragam disesuaikan dengan ukuran lobrter,mulai dari ½ “.3/4”.1” dst s/d 3” atau degan batu bata yang berlubang (,biasanya untuk tembok vetilasi udara) pungsi dari pada paralon atau batu bata tsb.untuk persembunyian bila lobster yang lebih perkasa menyerang.dan umumnya lobster yang sedang berganti kulit itulah sasaran utama,karena  kondisi tubuh yang sangat lemah dan lembek.proses pergantian kulit pada lobster tsb adalah menunjukan bahwa lobster itu bertambah besar.sama halnya dengan ular ,ular pertumbuhannya ditandai denagan pergantian kulit secara pereodik.beda dengan hewan-hewan lainnya yang Nampak apabila berat badannya ditimbang.

Cara perawatan lobster air tawar :
Secara teknis perawatannya tidak terlalu rumit , hanya perlu kesabaran ,mulai dari pemberian makan 2 kali sehari dan sebaiknya diberi makan pagi dan sore menjelang malam, membersihkan filter/saringan kotoran yang berupa sisa makanan atau kotoran lobster itu sendiri ,yang mengendap disaringan.menjaga agar aerator ( gelembung gelembung udara )selalu bekerja dan juga lebih diperhatikan saat penggantian air diusahakan tidak menguras seluruh isi kolam,namun disisakan ¼ isi dari isi seluruhnya,dengan maksud ,agar tidak merubah suasana yang sangat dratis.dan biasanya bila hal ini terjadi lobster - lobster tsb akan segera berganti kulit.sama halnya perawatan ikan - ikan hias lainnya.

Cara pemberian pakan lobster air tawar:
Pemberian pakan dilkukan 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari (menjelang malam )
Untuk jenis pakan lobster air tawar tidak tergantung pada pakan buatan pabrik ( pellet ) yang mana harga sangat mencekik leher para peternak,namun kami member kiat agar diselingi dengan nutrisi.
1. Pellet
2. Nutrisi  antara lain :
  • Ketela pohon ( singkong ) diparut
  • Jagung basah diparut dan masih banyak sayur-sayuran yang tak disebutkan disini.
3. Bila dikolam tanah yang luas bahkan memakan planton dan tumbuh-tumbuhan yang ada di kolam sangatlah mudah bukan. 

Cara mebedakan lobster jantan dan betina :
Sepintas dilihat pisik dari lobster jantan dan betina tidaklah jauh beda,besar kecilnya semua sama,namun disini penulis  membedakannya dengan warna dari capit.bila sijantan bercapit merah menyala (merahnya lebih luas) bila sibetina capit berwarna hitam dan merahnya hanya sedikit saja.

Cara mengembang biakkan lobster air tawar :
Ada banyak cara mengembangbiakan lobster air tawar ,ada yang dilakukan dengan cara alami,ada juga yang dilakukan dengan cara Riset yaitu dengan perkawinan silang yang mana nantinya akan menghasilkan bibit lobster unggulan, bahkan akan mendapatkan lobster - lobster yang cepat tumbuh besar dan cepat berkembang biak.
1.Siapkan peralatannya antara lain :
  • Aquarium
  • Aerator ( gelembung udara )
  • Pompa filter
2. Pilihlah bibit yang sehat, lincah, lengkap dengan kaki kaki dan capitannya

Cara penetasan lobster air tawar :
Untuk kolam aquarium.
Yang pertama diperhatikan adalah induk betina, bila ekor menekuk terus pertanda sedang bertelur
Pengeraman ini akan makan waktu kira-kira 5 minggu.disarankan saat melihat kondisi tersebut ,tulis tanggal berapa? Artinya saat melihat itu anda bisa memperkirakan usia telur tsb.
Saat proses pengeraman atau istilah lain gendong telur ,sepasang lobster akan selalu berdampingan terus ( penulis sudah paham sedang apa itu ? ) disarankan saat proses pengeraman ( gendong telur ) jangan memegang lobster induk betina, dikawatirkan dia akan kaget sehingga telur akan terlempar dan lepas ,namun bila terjadi sesuatu  missalnya  kolam bocor atau lainnya anda bisa memindahkan induknya saat bersembunyi didalam paralon. Caranya tutup dengan kedua tangan anda kedua ujung paralon tsb dan angkat perlahan – lahan namun perlu hati – hati jangan sampai kaget.disinilah asiknya Bisnis Lobster Air Tawar.

Ada perubahan warna telur : Minggu pertama berwarna merah pucat dan minggu berikut merah dan biasanya ekor akan mulai terbuka, dan telur akan diayun-ayun oleh induknya,disini telur akan bisa dilihat warnanya.saat usia pengereman mencapai 3-4 minggu segera pisahkan induk jantannya ( pisahkan ).amati terus masa-masa 4 _5 minggu dikawatirkan sudah ada anakan lobster yang sudah terlepas dari induknya, disini peran pompa sangat penting artinya filter perlu diperhatikan jangan sampai anakan lobster lolos melalui filter tsb ( anakan jangan tersedot pompa ).

Bila sudah terlihat anakan lobster yang terlepas dari induknya : artinya penetasan sudah dikatakan berhasil ,namun biar lebih sempurna tunggu 3 hari lagi,setelah itu angkat indukan dan kocok-kocok  didalam aquarium agar anakan terlepas semua dari perut induknya,kemudian .dan pisahkan induknya dari anakan tsb.atau campurkan lagi dengan induk jantan ,begitu seterusnya akan bertelur lagi dan bertelur lagi.mudah bukan.

Cara pembesaran lobster air tawar :
Di alam terbuka seperti kolam tanah atau kolam semen dan terpal, Yang perlu diperhatikan disini, untuk pembesaran lobster air tawar adalah : Diawali dari persiapan kolam atau tempat tentunya,yang sudah terisi air 1 minggu sebelum bibit ditebar.cara pembesaran lobster sekala besar / banyak.disarankan pilihlah bibit yang ukuran 1” s/d 2”.dengan target saat panen nantinya mampu menghasilkan lobster ukuran 10 – 12 ekor  /kg.
Yang tak kalah pentingnya biasanya ditambak tambak udang selalu dipasang kincir kincir angin yang bertujuan untuk membuat oksgin/ gelembung udara,disini disarankan untuk memasang aerator sebagai ganti kincir tsb.agar gelembung udara selalu ada.

Cara pembesaran lobster air tawar :
Didalam aquarium :
Yang paling utama tentunya  aquarium harus ada,ukuran tidak diharuskan,namun penulis menggambarkan ukuran aquarium disini adalah 100x50x30 (panjang x lebar x tinggi ) ukuran ini sudah mampu diisi 1:2 pasang lobster ( 1 jantan dan 2 betina ).tidak boleh ketinggalan pompa filter dan aerator diharuskan ada , karena suhu dalam aquarium cukup pengap,juga tidak kalah pentingnya pengisian air  cukup 15 cm dari dasar aquarium dan usahakan ada bebatuan atau bata merah berlubang yang tidak terendam,karena adakalanya lobster akan mengirup udara  ( dede @jawa ) atau mengeringkan badan perlu diketahui bahwa lobster itu mampu bertahan hidup tanpa air selama 8 jam bahkan lebih.jadi memang benar benar kokoh silobster itu. 

Analysis usaha lobster air tawar untuk dijual bibitan :
Dilihat dari Peluang Usaha yang cukup. sebagai contoh saja bila dihitung mulai dari sepasang lobster analysis nya :
Harga sepasang indukan yang sudah dewasa Rp.250.000/pasang, ini sudah termasuk indukan yang lumayan bagus. Indukan dipelihara kurang lebih 2 bulan,dan indukan akan mulai bertelur,dengan makan waktu 5 minggu ( 1 bulan + 7 hari ) dengan total waktu kurang dari 100 hari sudah terlihat hasilnya.untuk lebih detialnya yok kita hitung bersama – sama agar tidak meleset hitungan kita !

Jika anda kurang puas coba kunjungi rekan saya disini LOBSTER AIR TAWAR

Contoh hitungan mikro :















Jika dihitung keseluruhan sbb :
















Demikian contoh hitungan kecilnya Bisnis Lobster Air Tawar,jika dilipat gandakan tinggal dikalikan saja,dan tentunya jika dihitung-hitung dan dibandingkan dengan ternak lainya seperti unggas dll,usaha lobster air tawar ini  sangat menjanjikan bila ditekuni. Dengan artikel Cara berternak lobster air tawar untuk pemula  dan cara membudidayakan lobster air tawar ini semoga bisa bermanfaat dan jika ada kesultan atau anda ingin melirik bisnis ini silahkan Kontak Saya     

64 komentar:

  1. Main2 ke sini Pak, Medan Lobster Air Tawar

    http://medanlobster.blogspot.com/

    http://medanlobster.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
      ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
      BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
      Kondisi bahan ;.
      - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
      - Bahan tua (galian lama).
      - Kualitas super kristal- Sudah tembus.
      - Bahan keras dan padat.
      - Siap gosok poles.
      - Daging utuh, tanpa kapur.
      - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
      - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
      Daftar harga :
      1 0ns ; Rp 750.000rb
      5.ons Rp.2.500.000
      1.kg Rp 3.750.000
      5 kg Rp 10.000.000
      10 Kg Rp 17.500.000
      15,kg Rp.20,000,000,
      Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
      Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
      setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin,
      untuk yg mau pesan hub ;
      Hp.; 085298487117 atau .081998328877
      pin : 584bdc38
      adapun cara transakai,anda bisa datang langsung ke rumah kami. alamatnya di jl buana seli rt 016 rw 002,
      desa/kel ;labuhan, kec ;bacan, kab ; halmahera selatan, prof ; maluku utara.
      barang juga bisa kami kirim lewat jasa pengiriman tiki,jne,pos,muatan udara dan lewat kargo bandara.setelah barang
      dikirim, kami akan berikan bukti resi pengirimannya.
      INGAT..!!!!! HATI-HATI PENIPUAN DENGAN HARGA MURAH SALAH ORANG ANDA BISA TERTIPU.

      Hapus
    2. Ibu udah tolol jangan suka ajak yang lain ikutan tolol juga, duit 5m datang tiba2? sehat lu? kalo gitu mah yaudah itu si kiai duit segitu mending buat dia sendiri ntar di sodakohin tolol mana pake sebut nama allah lagi -_- neraka jahanam udah nunggu loh :v

      Hapus
    3. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. saya menyukai saran2 dari bapak dan kebetulan di sini saya juga mulai mau menekuni usaha ini dan saya berencana ternak di kolamm semen terima kasih ata semua saran bapk semoga bapak bisa memberikan saran2 lagi yg lebih banyak.

    BalasHapus
  3. thank's banget info dari bpk, uda buat saya tambah wawasan, sebelumnya saya juga sudah mencoba usaha ini tapi gagal, setelah saya mampir kemari saya akan mencoba kembali.

    thank's and salam kenal, semaoga sukses selalu

    BalasHapus
  4. Terimakasih atas infonya. Sy sedang mencoba di kolam semen sdh sekitar 1bulan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana mas percobaanya?? saya juga pengen coba

      Hapus
  5. Saran yg menakjubkan pak.... sya akan coba mudah mudahan berhasil.. amin..

    BalasHapus
  6. terimakasih pak saya ingin mencoba

    BalasHapus
  7. paling ideal untuk ukuran kolam kira berapa ya?
    dan maks berapa udang yg bisa diisi?
    makasi.

    BalasHapus
  8. sebagai pemula saya ingin mencoba dulu dengan media akuarium, thank infonya pak..

    BalasHapus
  9. sob. lobster gw berlumut harus diapain, ya? ditunggu jawaban ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo berlumut sih kayanya nggak apa" soalnya pas ganti kulit juga nanti hilang lagi.. itu menurut pengamatan saya..

      Hapus
  10. Wah ini artikel yang sangat menarik.Sudah lama pengin memelihara / berternak lobster ini ,memang cukup menjanjikan .Apalagi beternak lobster tidak perlu memerlukan lahan yang begitu luas,dalam arti ini bisa menjadikan usaha rumahan.Trims banget artikelnya.

    BalasHapus
  11. saya sedang melakukan iseng" ja dengan 5 jantan sebesar botol air mineral 600ml dan 7 betina, sya pelihara sudah 2 bulan lebih dan sekarang udah 3 betina yang baru bertelur. dengan membaca artikel ini smoga ke isengan itu bisa menghasilkan yang lebih dari iseng.. salam capit dan terima kasih buat ilmunya.

    BalasHapus
  12. thanks..infonya sangat bermanfaat buat pemula seperti saya. skrg udang saya udh mulai banyak anaknya..

    BalasHapus
  13. apakah ada nenernya di daerah jawA..terutama dareah jawa timur.thanks

    BalasHapus
  14. berapa tingkat keasaman air yang baik pak??/karena air didaerah saya anta (mengandung kapur dan agak asin)

    BalasHapus
  15. pemasarannya dmana pak?

    BalasHapus
  16. setelah sya baca ternyata menari sekali dan akhir na sya putus kn untuk mencoba iseng" ternyata memang mengasikan untuk mengisi waktu liang
    namun ada 1 kendala yg sya rasakan skrang,stelah anakan bebas dri pelukan sang induk mengapa bnyak sekali yg mati ya
    tolong tips na gmn yA PAK?

    BalasHapus
  17. kalau medianya kardus besar yang biasa untuk packing gmn gan?

    BalasHapus
  18. salam knal...
    mau nnya, bsa gg kmbangbiakkan lobster d cntainer plastik ??
    trs bleh gg klo lobster dbri pakan ccing kering sprti djual dtko2?
    mhn pncrahannya

    BalasHapus
  19. salam sejahtera dan sukses Bapak Teguh wiyono,

    awalnya di daerah saya banyak yg latah beternak lele sangkuriang krn tergiur dg hasil yg besar dan perawatan yg mudah dan saya salah satu org yg latah tadi, tp pada kenyataannya setelah banyak org beramai2 membudidayakan ikan tsbt ternyata tdk seperti yg diberitakan, singkatnya banyak yg memutuskan hubungan sepihak dengan si"lele sangkuriang krn selain pakan yg terus melambung juga perawatan yg cukup ribet jika dilakukan di kolam terpal atau sejenisnya, namun saya tidak ikut latah dan putus asa tetapi saya trs belajar dan mencari informasi dimana pun yg bisa saya dapatkan untuk membudidayakan lele sangkuriang hingga skrg saya sdh berhasil menghasilkan bibit lele sangkuriang sendiri(memijahkannya sendiri), tp krn hrg dipasaran labil dan sering di kacaukan oleh tengkulak maka budidaya lele sangkuriang menjadi jalan ditempat.......oleh krn itu saya ingin mecoba(tidak mencoba tp serius) budidaya lobster air tawar, hanya saja saya masih kekurangan banyak informasi tentang budidaya lobster air tawar, krn itu saya moohon bapak mau membantu saya memeberitahukan dimana saya bisa mendapatkan bibit lobster air tawar, dan yg tidak kalah penting kemana saya harus mengadu jika ingin menjadi pembudidaya lobster air tawar secara intensif dg memanfaatkan lahan terbatas, bahkan saya bersedia mebayar sebagai tukaran ilmu penegetahuan tentang budidaya lobster air tawar, dan saya sangat serius ingin menekuni budidaya lobster air tawar....dan saya juga berharap bisa langsng menghubungi bapak via tlp atau sejenisnya, terimakasih atas info singkat yg bpk berikan di Blog bpk, salam sukses berkelimpahan untuk anda dan team anda.

    BalasHapus
  20. salam kenal pak..., saya baru saja ingin memulai budidaya lobster air tawar..., sya ingin bertanya sedikit pak.., akuarium saya sedikit miring, kemiringan disebabkan oleh rak besi yg tidak lurus.., jadi air didalam akuarium tidak lurus atau miring..., kira" pengaruh tidak dengan lobster dan akuariumnya?? sblumnya trimakasih...salam sukses....

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga baru ingin memulai budidaya lobster ikan air tawar pak, mohon tips tips dan penjelasan tentang kendala yang biasa dihadapi oleh peternak lobster air tawar ini, mkash sblmnya

      Hapus
  21. Pak teguh, saya mau tanya.
    saya mempunyai empang dengan dasar tanah/lumpur, besarnya -+ 12x7M mohon, dengan irigasi air yang lumayan mengalir dari selokan.
    Mohon pendapatnya pak, apakah sebaiknya empang saya di sekat saja, atau bagaimana?
    Mohon pencerahannya.
    Terimakasih :)

    BalasHapus
  22. Trims infonya pak, sy juga tertarik ni pak untuk ikut mencoba budidaya lobster air tawar, untuk bibitnya bisa didapatkan dimana ya pak?
    Dan tidak kalah penting nih pak.. kalo udah jalan, pemasarannya gimana pak? apa sudah ada pengepulnya, masalahnya kalo untuk konsumsi ini lobster untuk kalangan menengah keatas pak, soale kalo harga perekornya kira2 3000 an so 1kg 36 ribuan, maka dari itu yg pentingkan pemasarannya pak? mohon bantuannya
    terimakasih..

    BalasHapus
  23. pak, ini sekarang saya punya aquarium ukuran 40x30x35
    nah saya mau nyoba isengg melihara yg kecil. nah di ukuran aquarium sekecil itu apa bisa berkembang?
    terima kasih sebelum nya

    BalasHapus
  24. Untuk sekarang ini harga per kilo lobster air tawar berapa ya... ? luar biasa artikelnya

    BalasHapus
  25. dapat bibitnya dari mana

    BalasHapus
  26. klo to sekitar badung ad g

    BalasHapus
  27. untuk kedalaman kolam gmana Mas?

    BalasHapus
  28. Membuka rekan kerja sama serius untuk budidaya LAT, lokasi jakarta timur. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya mau menjadi rekan, gmna caranya pak, lokasi saya jakarta barat

      Hapus
    2. kalo saya mau menjadi rekan, gmna caranya pak, lokasi saya jakarta barat

      Hapus
  29. trims pak inponya sngt bermanpaat bagi sy yg mau mencoba nya

    BalasHapus
  30. Nk tanya Lobster perlukan pump oksigen ke???

    BalasHapus
  31. SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG GAIB
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<







    SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG GAIB
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    BalasHapus
  32. permisi, numpang nanya kalo cari bibit lobster air tawar di daerah kalimantan Selatan dimna yah, tolong infonya,
    082354187920

    BalasHapus
  33. Salam kenal..saya ilham dari danau Maninjau padang sumatra Barat...bagi anda yang membutuhkan lopster air tawar kami menyediakan dalam berbagai macam ukuran.....bagi yang minat hubungi...082284213943

    BalasHapus
  34. saya bersedia menampung lobster air tawar
    silahkan hub saya di 0878 7878 6478

    BalasHapus
  35. Saya mencari bibit Lobster Air Tawar di daerah Palembang, Sumatera Selatan Hub saya ke Nomor 0812-73665203

    BalasHapus
  36. misi gan , numpang nanya ni , rencana ane mau ternak lobster , tapi masih pengen tau dulu ni saran n pendapatnya agan agan , pipa n batu bata yang bolong tu harus di tenggelamkan abis ya ? atau harus ada yang nimbul di udara juga ??
    gimana menurut agan agan ni ?

    mohon partisipasi nya ya gan
    makasih

    BalasHapus
  37. terima anakan LAT tidak pak?
    ukuran sekitar 5cm++

    BalasHapus
  38. Di padang dan sekitar nya dimana ya yg jual bibit nya,,mohon info nya

    BalasHapus
  39. Tilapia fish is a fish for consumption that live in fresh water. Characteristics of flat-shaped body of black, gray, or brown. This fish is called Mujair because the first to find fish
    togel singapore

    BalasHapus
  40. Silahkan hubungi saya ANTO JBL "Lobster & Crab" menerima secara rutin dalam jumlah berapapun semua jenis lobster laut, lobster tawar dan kepiting bakau semua ukuran. Harga memuaskan.
    Hub : 082310582889 / 087889550840

    BalasHapus
  41. Silahkan hubungi saya ANTO JBL "Lobster & Crab" menerima secara rutin dalam jumlah berapapun semua jenis lobster laut, lobster tawar dan kepiting bakau semua ukuran. Harga memuaskan.
    Hub : 082310582889 / 087889550840

    BalasHapus
  42. Halo,
    Apakah Anda secara finansial turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan bisnis Anda menghidupkan kembali, Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka tahun baru ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: (gloryloanfirm@gmail.com). mengisi formulir Informasi Debitur berikut:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.

    BalasHapus
  43. Hello Everyone, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan sebuah negara kompensasi bersatu, dan kami telah mendengar dan juga meminjam dari perusahaan pinjaman, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman Internet Sangat hati-hati Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di antaranya asli dan nyata,

    Saya ingin melempar testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya ke pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran. . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang baru saja mendapatkan pinjaman online, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus se umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang ingin saya gunakan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta, telah disimpan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan pinjaman cepat sekarang atau email di Dangotegrouploandepartment@Gmail.com

    Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

    BalasHapus
  44. Linkaja88.net Agen Judi Online Linkaja Terbesar serta Terpercaya di Indonesia yang berlicensi dan berlokasi di Filipina !

    Menyediakan Berbagai Jenis Judi Online Lengkap yang populer!

    S128
    SV388
    JOKER123
    SBOBET
    CBET
    368BET
    BACCARAT
    SICBO
    ROULETTE
    SLOT


    » Situs Judi Sabung Ayam Online Deposit Linkaja

    » Daftar Sabung Ayam Online

    » Judi Online Linkaja

    Kontak Lengkap Klik » http://bit.ly/kontakonline24jam

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke blog ini, Silahkan tuliskan komentar Anda